oleh

Dispora Maluku Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Wirausaha Muda di Piru

Piru, BM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Maluku menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Wirausaha Muda, yang dipusatkan di Ballroom The Mitra Palace, Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kamis (07/03/2024).

Turut hadir pada Workshop tersebut, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Dispora Maluku, Rin Harthami Thamrin, SSTP, MAP, yang mewakili Kepala Dinas, Sandi A. Wattimena, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBB, Drs. Paulus Pical, M.Si, termasuk para peserta wirausaha muda Piru dan sekitarnya yang berjumlah 25 orang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBB, Drs. Paulus Pical, M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Wirausaha Muda yang berlangsung saat ini, merupakan program prioritas yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia.

Hal ini, lanjut Pical, sebagai salah satu upaya pengembangan wirausaha, khususnya para pemuda dan pemudi produktif didorong untuk melakukan terobosan dalam berwirausaha, yang tak lain bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan dari usaha sendiri yang mandiri.

“Walaupun dengan modal kecil, namun dengan kerja keras dan sabar, maka kita semua yakin dan percaya bahwa kesuksesan tidak pernah  mengkhianati hasil,” ujar Pical.

Pepatah ini, kata Pical, menjadi sebuah motivasi bagi semua orang jika ingin berhasil, sukses. “Didukung dengan niat, kerja keras dan sabar, maka semuanya itu akan kita capai,” ucapnya.

Menurut ya, siapapun dia, pasti mempunyai mimpi, harapan dan cita-cita untuk keluar dari garis kemiskinan, dikarenakan dalam kehidupan jaman sekarang ini serba susah, semua orang berusaha untuk mempertahankan hidup demi kebutuhan hidup yang begitu banyak.

“Oleh sebab itu, pemerintah melihat ini sebagai sebuah program prioritas guna mendukung para wirausaha muda dalam rangka peningkatan kualitas wirausaha muda yang berdaya saing dan inovatif yaitu dengan cara membuka lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Ia mencontohkan, saat ini kita sendiri mengetahui dengan pasti bahwa lulusan sarjana setiap tahunnya meningkat, namun lapangan pekerjaan terbatas, dimana jika harapannya hanya bergantung menjadi ASN/PPPK, maka tentu akan kalah bersaing.

Pical berharap, kegiatan Workshop ini nantinya dapat bermanfaat bagi para wirausaha Muda untuk terus berusaha dan kerja keras yang kuat, dengan penuh semangat dan tidak mudah untuk putus asa jika pemasukan lebih kecil dari pengeluaran.

“Adik-adik harus berupaya dengan ide kreatif dan inovati anak muda agar dapat melihat peluang usaha, sehingga usaha yang nantinya dijalankan tidak bangkrut/gulung tikar, akan tetapi didukung oleh skil, pengetahuan serta fasilitas media sosial dalam upaya promosi dan pengembangan usaha,” pungkasnya.

“Intinya dari kegiatan ini akan menjadi bekal bagi adik-adik untuk terus melakukan terobosan-terobosan, kolaborasi, Inovasi dan pengembangan dalam upaya peningkatan wirausaha muda, khususnya di Bumi Saka Mese Nusa, Kabupaten Seram Bagian Barat yang kita cintai ini,” tutupnya. (BM-02)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *