oleh

Dishut Maluku Ikuti Workshop III Penyusunan Rencana Kerja Sub Nasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 di Jakarta

Ambon, BM – Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Maluku menjadi salah satu perserta dari 16 Provinsi di Indonesia yang mengikuti Workshop III Penyusunan Rencana Kerja Sub Nasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di Jakarta, Kamis (09/11/2023).

Workshop yang merupakan rangkaian kerja institusional FOLU Net Sink 2030 dan telah dilaksanakan sejak tahun 2022 kemarin, diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU dan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Provinsi Maluku, Haikal Baadilla, S.Hut., M.Si.

Selain Provinsi Maluku, terdapat 15 Provinsi lainnya yang mengikuti Workshop ini, yakni Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Nuta Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Bengkulu, Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau.

“Hari ini kita akan menyimak pemaparan dan menyampaikan gagasan-gagasan guna penyempurnaan substansi Rencana Kerja (Renja) 16 Provinsi,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) KLHK Bambang Hendroyono saat membuka workshop tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Bambang juga menyampaikan terimakasih atas dukungan para Gubernur dari 16 Provinsi tersebut sehingga telah terbentuk Tim Kerja dan Implementasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 di tingkat Sub Nasional pada 16 Provinsi.

“Dengan begitu, kita dapat menyusun perencanaan aksi mitigasi penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan meningkatkan serapan karbon untuk pengendalian perubahan iklim,” ungkapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bambang juga menyampaikan selamat kepada para peserta yang melaksanakan maupun mengikuti Workshop III Penyusunan Rencana Kerja Sub Nasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 di 16 Provinsi.

“Saya mengajak para peserta untuk mengedepankan paradigma bekerjasama dan berkolaborasi, dikarenakan kita semua harus menjadi bagian dari solusi, dan secara bersama-sama mencegah kenaikan suhu global tidak lebih dari 1,5 derajat Celcius,” pungkasnya.

Workshop tersebut diikuti oleh Pejabat Tinggi Madya dan Pratama KLHK, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama BRGM, Penasihat Senior Menteri LHK, Tim Kerja Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, Tim Ahli, Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Kehutanan/LHK dari 16 Provinsi, UPT KLHK, serta Tenaga Ahli Penyusun Renja Sub Nasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030. (BM-03)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *